Manfaat Daun Pepaya

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Komunitas Blogger Wajo

Buah pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun pepaya merupakan bagian yang paling banyak memiliki manfaat. Manfaat daun pepaya adalah sebagai berikut :

 1. Sebagai Obat Jerawat
Daun pepaya dapat mengobati jerawat dengan membuatnya menjadi masker.
Cara membuat maskernya :
ambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua, kemudian jemur dan tumbuk sampai halus. Tambahkan satu setengah sendok air. Kemudian usap rata diwajahmu.
 2. Memperlancar Pencernaan
Daun pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.
 3.Menambah nafsu makan
Manfaat ini terutama untuk anak-anak yang sulit untuk makan.
Ambil daun pepaya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan. Kemudian tambahkan garam dan air hangat setengah cangkir. Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya, nah air itulah yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.
 4. Demam berdarah
Daun pepaya juga dapat mengobati penyakit demam berdarah.
Ambil 5 lembar daun pepaya. Tambahkan setengah liter air lalu rebus. Ambil air tersebut jika sudah tinggal diperempatnya saja. Namun, ini bukan merupakan obat yang sudah terbukti khasiatnya untuk menyembuhkan demam berdarah. Anggap saja ini merupakan pertolongan pertama.
 5. Nyeri haid
Wanita Jawa zaman dulu sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid.
Cukup ambil 1 lembar daun, tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan 1 gelas air dan rebus. Dinginkan sebelum meminum ramuan daun pepaya tersebut.

SEMOGA BERMANFAAT!!!