Pelajar Harus NgeBlog

 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam sejahtera bagi kita semua, terkhusus pada pembaca tulisan ini.
Kali ini tulisan saya bertemakan "Mengapa Pelajar Harus NgeBlog dan Apa Manfaatnya". Tema yang sangat menarik untuk dibaca, bagi  Pelajar dan para blogger khususnya Blogger Wajo maupun  para penjelajah dunia maya.
Ulugalungjie

Saya membuat tulisan ini karena mengikuti Lomba Blog bertemakan "Mengapa Pelajar Harus NgeBlog dan Apa Manfaatnya" yang diselenggarakan oleh Komunitas Blogger Wajo bersama Owner PelajarPro.com.

Saya sangat tertarik dengan lomba tersebut, selain karena hadiahnya juga agar saya dapat membuat Pelajar dan para blogger khususnya Blogger Wajo maupun para penjelajah dunia maya jadi tertarik dengan Blog, karena kayaknya sangat aneh bagi kita yang sering berjelajah di dunia maya tapi tidak memiliki Blog.

Nah, sekarang kita menuju ke pokok pembicaraan.

Mengapa Pelajar Harus NgeBlog?

Pertanyaan yang sangat sering saya dengar dari mulut teman-teman saya di sekolah dan di rumah dan sering saya lihat di Social media, seperti: Facebook, Twitter,dan lain-lain.
Apabila ada yang bertanya maka harus ada juga yang menjawab, dan kali ini tulisan saya akan menjawab pertanyaan tersebut.

Sebenarnya tidak harus karena kalau itu harus pasti kurikulum sekolah akan bertambah dengan "Siswa-siswi dapat mengetahui apa itu blog dan bagaimana cara memakainya".. hehehe....

Jadi, NgeBlog itu sebenarnya tidak harus, tapi hanya aneh bagi kita sebagai penikmat dan penjelajah dunia maya masih tidak punya blog, bahkan lebih parah lagi kalau sampai tidak tahu apa itu Blog.

Blog adalah singkatan dari weblog dan bisa juga disebut social media karena dapat berupa buku catatan pribadi dan pada blog kita dapat menuliskan pengalaman pribadi, peristiwa-peristiwa di sekitar kita, dan masih banyak lagi yang dapat dishare atau diposting ke publik.

NgeBlog tidak ada ruginya, bahkan sangat bermanfaat.

Apa manfaat dari NgeBlog?

Manfaat-manfaat dari NgeBlog adalah sebagai berikut:
Ulugalungjie
  1. Sarana untuk berbagi, Blog dapat digunakan untuk berbagi informasi dengan membuat tulisan-tulisan atau potingan-postingan yang bermanfaat dan teraktual bagi pembaca, terutama bagi anak sekolah yang ingin mengerajakan tugas pasti akan mencarinya di dunia maya, selain karena mudah juga karena murah.
  2. Sarana untuk mendapatkan teman baru atau mempererat tali persaudaraan, Blog dapat kita gunakan untuk mendapatkan teman baru, seperti: apabila ada yang menyukai postingan kita dan mereka akan bertanya-tanya lebih rinci lagi kepada kita tentang postingan tersebut melalui komentar di Blog atau melalui e-mail kita dan secara otomatis kita akan saling mengenal satu sama lain. Kita juga dapat mempererat tali persaudaraan dengan saling share dan berbagi informasi tentang Blog dengan teman kita atau pengunjung blog atau pengikut (followers) blog, atau blog yang diikuti (follow).
  3. Sarana pengembang kreatifitas, Blog dapat mengembangkan kreatifitas dengan mendesign dan membuat postingan pada blog sekreatif mungkin.
  4. Sarana untuk meningkatkan pengetahuan dan informasi, Blog dapat meningkatkan pengetahuan dan informasi dari Blog-blog yang kita kunjungi, baik dari Blog orang yang tidak anda kenal maupun dari Blog yang kita ikuti (follow).
  5. Sarana untuk menyalurkan bakat, dengan Blog kita dapat menyalurkan bakat kita terutama tentang membuat artikel, semakin sering kita membuat tulisan atau memposting maka semakin bertambah pula bakat kita dalam membuat artikel.
  6. Sarana untuk mendapatkan penghasilan tambahan, dengan Blog kita dapat menambah penghasilan kita, namun harus diawali dengan usaha dan kerja keras. Untuk mendapatkan uang bisa memasangkan iklan di blog kita melalui: Google Adsense, Pay Per Click, idblognetwork.com, kumpulblogger.com, dan lain-lain atau dengan mengikuti lomba-lomba blog seperti yang saya ikuti sekarang ini. 
Bagi yang belum tahu cara buat blog di Blogger, saya akan memberikan sedikit informasinya.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Pertama-tama buat akun Gmail disini
  2. Setelah mengisi semua data-data, klik “langkah berikutnya”.
  3. Siapkan profil.
  4. Klik “langkah berikutnya
  5. Anda telah memiliki akun Gmail.
  6. Klik "Kembali ke Blogger"
  7. Klik “lanjutkan ke blogger” pada bagian kiri bawah,
  8. Ganti bahasanya dengan bahasa Indonesia jika belum menggunakan bahasa Indonesia pada bagian kanan atas yang bergambar arah panah bawah dekat “opsi blogger”.
  9. Untuk membuat blog, klik “Blog Baru” pada bagian kiri atas.
  10. Tentukan Judul, Alamat, dan Template.
  11. Klik “Buat Blog!
Nah, sekarang anda telah memiliki blog. Mudah kan!!!!
Buat Tulisan Pertamamu dengan meng-klik "gambar pensil".
Dari beberapa manfaat-manfaat tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa tidak ada lagi rugi dan salahnya untuk NgeBlog bahkan bisa jadi salah apabila tidak NgeBlog bagi kita di jaman teknologi ini.
Sekian, tulisan saya kali ini semoga dapat memberikan wawasan tambahan terhadap para penjelajah dunia maya dan membuat mereka sadar akan manfaat dari NgeBlog dan yang paling penting semoga postingan saya ini bisa jadi juara di lomba yang saya ikuti. hehehe...

Mohon like dan komentarnya terhadap postingan ini, karena saya sangat sadar bahwa tulisan ini memiliki banyak kekurangan.
Terima kasih atas kunjungannya.:)